Dirly – Menggapai mimpi [Full Album 2008]

November 9, 2008 at 11:26 am (Dirly MP3) (, , , )

Dirly - Menggapai mimpi

Dirly - Menggapai mimpi

Sekedar membandingkan, kalau dalam American Idol, kisah runner-up asal Manado, Dirly Sompie, nyaris serupa dengan Clay Aiken. Dirly bisa dibilang lebih ‘tenar’ dibanding juara nya, Ihsan Tarore. Bedanya, dalam perkembangan selanjutnya, Dirly juga jauh lebih humble dibanding juara nya.

Oke, kita tak akan bahas soal perubahan attitude itu. Meski harus menunggu dua tahunan, Dirly akhirnya merilis album full pertamanya yang diberi title ‘MENGGAPAI MIMPI.’ Konon, Dirly menjadi runner-up terakhir yang mendapat kontrak rekaman. Pasalnya, setelah itu hanya juara saja yang mendapat kontrak eksklusif itu.

Penantian selama dua tahun itu ternyata dipakai cowok yang pernah dihembuskan dekat dengan Agnes Monica ini untuk mematangkan karakter suara dan juga melihat peluang pasar yang bakal diterjuninya. Lalu bagaimana hasil penantian nya selama dua tahun itu?

Tidak bisa dibilang luarbiasa sebenarnya. Diawali dengan lagu ‘Lets Get The Beat’ ciptaan Maia Estianty yang up-beat. Sedikit dinamika rock sebenarnya cukup menggoda untuk menjadi single jagoan. Sayangnya, lagu ini malah jadi soundtrack salah satu iklan motor. Nggak jelek, tapi jujur saja membuat penulis langsung nge-drop mendengarnya pertama kali.

Track kedua, ‘Tak Pernah Rela’ jelas jadi lagu yang dibuat untuk konsumsi pasar Indonesia yang ‘maunya’ harus ada yang mellow. Lagu ciptaan vokalis Sabila, Alama Urbach ini benar-benar menyayat dengan sentuhan string yang membawa track ini pada suasana terluka. Suara Dirly yang sedikit ‘serak’ memang pas dengan tipikal pop seperti ini. Tapi lagu ini tak membuat ‘cerdas’ ketika berdinamika vocal. Dan Dirly harus berada pada posisi itu.

Lagu yang ‘bahaya’ justru berada di track ketiga, ‘Sampai Ujung Dunia’ ciptaan composer yang diam-diam merayap, Beni Hasliani. Diawali dengan petikan gitar yang catchy, meski terdengar tidak original, lagu ini mudah dinyanyikan dan potensial untuk jadi hits, bersaing dengan deretan cengkok melayu lainnya. Sayangnya lagu ini terdengar sederhana dengan aransemen yang terlalu dangkal. Jadinya, meski ‘kuping-darling’ tapi masih terkesan lawas dan perlu aransemen yang lebih lebar.

Pengulangan trend gitar 80-an juga nampak di track berjudul ‘Bumi Berhenti Berputar’ ciptaan Takaeda. Gelinjang oldies, meski tak ‘separah’ track ketiga, tetap kerasa dan itu menimbulkan pertanyaan, karena karakter vocal Dirly adalah pop terkini. Terasa kurang klik saja.

Entah kenapa, di album perdana ini karakter Dirly lebih nyaman dan enak didengar saat menyanyikan lagu-lagu up-beat. Ini terbukit pada track ‘Menggapai Mimpi’ ciptaan Teguh Vagetoz dan lagu yang sempat jadi ‘most-request single’ beberapa waktu lalu, ‘Tak Ingin Dilupakan.’ Di lagu pertama, sedikit riff rock sempat diselipkan. Dan Dirly memang kudu berada di alur itu.

Untuk penantian selama dua tahun, album ini kurang greget. Harusnya eksplorasi vocal, lagu dan sisi aransemen, bisa lebih menggigit. Liriknya banyak bicara soal ‘ditinggal’ yang menyedihkan. Tapi inilah realita Indonesian Idol. Bisa rilis album saja sudah beruntung. Dan Dirly berada kepada keberuntungan itu.

Tracklist :
01. Let’s Get The Beat
02. Tak Pernah Rela
03. Sampai Ke Ujung Dunia
04. Hujan
05. Bumi Berhenti Berputar
06. Kemenangan Hati
07. Menggapai Mimpi
08. Tak Ingin Dilupakan
09. Maafku
10. Akhir Tak Seperti Awal

Untuk Info Lain Dan Download Album Dirly – Menggapai mimpi, Klik Disini

4 Comments

  1. lely said,

    lgu dirly bgs bgt………….
    aq ngfans. . . . bgt ma dirly

    dirly is the best………

  2. cha cha said,

    ihhh…akhirnya dirly bikin album aku dah nunggu lama banget bgus lagunya keren oke banget…kapan nich single ke 3 ya..aku tunggu yanhg tak pernah rela ya czzz lgu itu bgus bget

  3. nira pradistya said,

    salm bwt kak dirly yang cakep banget deh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.

    kak pacarnx ank mana ne knalin dong? kan aq fans ka2k tp g pernah ktemu, aq mnta dong alamat emailx ka2k.nee emailq pradistyan@yahoo.com .tlng ya blz dlu emailx please!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. MiLLa said,

    Lgu Na DirLy krENz abiz?
    aq pnya dunk Kasetnya,kpn ni ka DirLy Kita Sa ktmu Lg…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: