Koil – Black Light Shines On [Full Album 2008] Dan KOIL Feat. The Rock – Kenyataan Dalam Dunia Fantasi ( New Single 2008 )

December 3, 2008 at 5:17 am (Koil Band MP3) (, , , )

Koil - Black Light Shines On

Koil - Black Light Shines On

Black Light Shines On
Pernah mendengar nama band Koil? Semoga saja tidak lupa. Saya pribadi, tidak akan pernah melupakan band ini. File mp3 Lagu Hujan dari album self titled mereka masih berputar secara reguler di hidup saya. Dan kini, salah satu band paling baik dari generasi saya, merilis sebuah karya baru. Hebatnya, karya ini disebarkan secara cuma-cuma kepada orang banyak.

Album baru ini diberi judul Black Light Shines On, berisi enam buah lagu yang ditulis dengan sangat baik. Dan, bukan kebetulan kalau band ini perlu enam tahun untuk merilis sebuah karya atas nama mereka sendiri, bukan sebuah kompilasi artis yang sama sekali tidak bisa menuntaskan dahaga akan kerinduan terhadap band ini.

Saya akan selalu menempatkan motor band ini, J.A.V. (Saya tidak tahu apakah ia masih menggunakan nama ini dalam kredit band nanti) sebagai seorang penulis lirik lokal yang jenius. Semua rilisan mereka yang saya miliki selalu menyisakan impresi yang sama. Jika album Self Titled ruang lingkupnya agak lebar –mereka bicara cinta, kemarahan, nihilisme, dan juga pengabdian— dan album Megaloblast kental dengan adopsi frase-frase Katolik, maka album ini digaris bawahi kemarahan. Album ini adalah amarah yang diselesaikan dengan cara yang begitu elegan. Waktu boleh berlalu, tapi mereka masih marah. Dengan cara mereka sendiri, tentunya.

Lirik-lirik mereka adalah amarah yang sangat realistis. Ini sebuah pelajaran yang teramat berharga. Ini adalah highlights dari album ini:

“Aku tak butuh pengertian
Aku bukan bagian dari sejarah yang kau tulis, kau bingkiskan untuk anak cucu
Aku tak butuh penjelasan
Aku bukan bagian dari kebanggan yang membuat kita tak berpenghasilan
Nasionalisme adalah tempat tinggal yang kita bela
Nasionalisme untuk negara ini adalah pertanyaan
Nasionalisme bentuk negara ini menuju kehancuran
Nasionalisme menuntun bangsa kami menuju kehancuran”
(Kenyataan Dalam Dunia Fantasi)

“Dan akhir yang bahagia
Melayani waktu
Melewati rinduku
Menyanjung harapan
Menghentikan perang
Doakanlah yang telah tiada
Semua ini kulakukan
Selama waktu berlalu
Semoga kau sembuh”
(Semoga Kau Sembuh Pt. II)

“Dan sepenuhnya hanya cinta kita bersama
Yang setulusnya tak mungkin sanggup melawan dunia
Dan manusia menuju surga yang pernah ada
Dan sesungguhnya hanya tinggal kita berdua”
(Hanya Tinggal Kita Berdua)

“Kamu dididik untuk bermimpi
Kamu terbiasa dibohongi
Kamu dihibur ikut bernyanyi
Kamu miskin bodoh dan sombong”
(Sistem Kepemilikan)

Itu dari segi lirik. Selebihnya? Musik mereka masih terlalu canggih untuk dilewatkan begitu saja. Band ini berkembang secara tata suara dan itu sama sekali mencengangkan. Sepertinya interval yang mereka perlukan untuk menyelesaikan rekaman ini sangat masuk kategori masuk akal jika pada akhirnya mereka keluar dengan output yang hampir sempurna.

Saya tidak perlu memberikan terminologi yang spesifik tentang apa jenis musik mereka. Itu sama sekali tidak penting. Di rekaman ini, J.A.V. lebih banyak bernyanyi, satu hal yang tidak banyak dilakukannya pada album Megaloblast.

Dari enam lagu, saya paling menyukai Semoga Kau Sembuh Pt. 2. Mengingatkan saya akan keserampangan yang mereka hadirkan lewat lagu Burung Hantu dulu. Hanya saja, yang satu ini terdengar jauh lebih tertata. J.A.V. bernyanyi dengan sangat merdu dan sesuai dengan pakem yang konvensional. Dan, entah mengapa lirik lagu Semoga Kau Sembuh Pt. 2 ini terdengar begitu romantis (in terms of Koil for sure).

Secara umum, Black Light Shines On ini menghadirkan Koil yang lebih ‘band’. Mereka meminimalisir elemen sampling, kendati bisa saja kita semua termakan tipu daya kelas tinggi yang lekat dengan reputasi mereka.

Dua lagu yang juga tidak bisa dilepaskan dari album ini adalah Aku Lupa Aku Luka yang terdengar sebagai lagu tema paling cocok untuk menutup set emosional mereka satu saat nanti dan Kenyataan Dalam Dunia Fantasi yang begitu sarat muatan marahnya.

SANGAT TIDAK SABAR untuk datang ke pertunjukan mereka selepas album ini lengkap beredar secara online. Sepertinya, lagu-lagu di album ini akan sangat menarik untuk dimainkan di atas panggung.

Cepat dapatkan album ini di hits-musik.blogspot.com. Dan mari berharap dengan muatan yang sangat besar bahwa Koil akan merilis bentuk fisik dari album ini. Sangat direkomendasikan!

Track List :
1. Koil – Kenyataan Dalam Dunia Fantasi (4:04)
2. Koil – Semoga Kau Sembuh part ll (7:42)
3. Koil – Ajaran Moral Sesaat (4:48)
4. Koil – Aku Lupa Aku Luka (4:30)
5. Koil – Hanya Tinggal Kita Berdua (7:15)
6. Koil – Sistem Kepemilikan (4:25)
7. Koil – Nyanyikan Lagu Perang (4:59)
8. Koil – Semoga Kau Sembuh Part l (6:52)
9. Koil – Dan Cinta Kita Terlupakan (5:48)
Plus Satu Lagu Feat. The Rock :
KOIL Feat. The Rock – Kenyataan Dalam Dunia Fantasi

Untuk Info Lain Dan Download Album Koil – Black Light Shines On, Klik Disini

2 Comments

  1. black demon said,

    i need ur darkness on my dream now(4otonk n friend)

Leave a Reply

