J Flow – Facing Your Giants [Full Album 2008]

December 12, 2008 at 6:10 pm (J Flow MP3) (, , , )

J Flow - Facing Your Giants

J Flow - Facing Your Giants

J Flow, Keluar dari Stereotip hip hop.
DENGAN berupaya keluar dari stereotip aliran musik hip hop, J Flow membuat hal yang beda. Musik hip hop dikenal di kalangan masyarakat sebagai musik yang penuh dengan caci maki. Namun, ada kalanya berupa hal-hal lucu atau kehidupan sehari-hari. “Bisa dikatakan hip hop itu dikenal sebagai musik yang ngedumel karena isinya caci maki,” ucap J Flow saat berbincang-bincang dengan Media Indonesia, Selasa (25/11) lalu.
Pria dengan nama Joshua Matulessy itu menjelaskan, hip hop yang diusungnya berbeda. Bukan lagi lagu hip hop yang terpatah-patah, sebagaimana dibawakan para musisi hip hop selama ini.
J Flow justru membuat sebuah lagu yang berangkat dari melodi dan harmonisasi nada. “Kalau kebanyakan hip hop di Indonesia berangkatnya dari lirik duluan, baru musik belakangan. Nah, kalau saya beda. Dalam membuat lagu berangkat dari musik,” ungkap mantan personel grup hip hop Saykoji itu.
Dalam membuat sebuah lagu, J Flow terlebih dahulu menyusun chord agar mempunyai harmonisasi indah, kemudian baru mengisinya dengan lirik.
Liriknya pun tidak sekadar asal lucu atau memaki, tetapi mempunyai tema besar yang ingin disampaikan kepada para penikmatnya. ”Semua lagu akan punya tema besar, yakni hidup selalu ada masalah. Dan masalah itu ibarat raksasa. Untuk bisa bertahan hidup kita harus bisa memerangi raksasa dengan melawannya,” ujar alumni jurusan jurnalistik, Fakultas Komunikasi Universitas Pelita Harapan ini.
Itulah mengapa album perdananya itu diberi judul Facing Your Giants.
Beragam upaya untuk lebih memanusiawikan musik hip hop, hasilnya memang menggembirakan. Lagu-lagu yang diusung J Flow tidak hanya dikenal di kalangan komunitas hip hop, tetapi melebar ke penggemar warna musik lainnya, seperti jazz atau pop.
J Flow pun akhirnya bisa tampil sepanggung dengan penyanyi Afgan, juga hadir dalam ajang Dji Sam Soe Super Premium JakJazz 2008. Di ajang JakJazz itu J Flow selain tampil solo, juga jadi featuring para penampil lainnya.

Ditolak produser
Dalam perbincangan di sela-sela syuting di RCTI, putra pasangan John Joshua Matulessy dan Sesanty Matulessy itu mengungkapkan mengapa dia keluar dari Saykoji, yang populer lewat lagu So What Gitu Loh.
“Tidak cocok dengan musiknya saja. Tetapi saya sampai sekarang masih berhubungan baik dengan Igor Saykoji.”
Hubungan yang terjalin baik itu juga terlihat dari nama Flow yang kini dipakainya. Menurutnya, Flow merupakan nama pemberian dari Igor. “Flow itu menurut Igor karena vokal saya tidak terpatah-patah saat menyanyi, seperti halnya penyanyi hip hop pada umumnya. Dan saya bukanlah rapper, tetapi musisi atau penyanyi hip hop,” kata J Flow panjang lebar.
Sekeluarnya dari Saykoji, J Flow memproduksi album solo perdananya. Dia mengakui, saat membuat album itu ia menemui kesulitan. Banyak produser musik rekaman yang masih menganggap pangsa pasar hip hop sangat kecil. Malah ada perusahaan rekaman yang langsung menaruh demo lagu J Flow begitu saja tanpa mendengarkan terlebih dahulu materinya.
Lalu dia mencoba menerobos jalur promosi lewat MySpace.com. Salah satu lagunya berjudul Oh Girl malah banyak diunduh di Amerika. Lucunya, banyak orang menyangka J Flow penyanyi asal Malaysia karena lagunya berbahasa Inggris.
Jalan lain berpromosi dengan memperkenalkan lagu-lagu J Flow ke jaringan radio Prambors. Lagu-lagunya pun akhirnya bisa didengar di jaringan Prambors di delapan kota.
Jerih payahnya itu membuahkan harapan. Sebuah perusahaan rekaman Demajors bersedia memproduksi albumnya. “Bisa dimaklumi ini proyek idealis saya, bukan mengikuti pasar,” kata J Flow memberikan alasan.
Ada yang menarik saat melihat sampul albumnya. Di bagian bawah terdapat tulisan proud to be local. Maksudnya? “Itu adalah misi saya. Inginnya agar orang Indonesia punya satu alasan untuk bangga pada negaranya sendiri. Inilah album produk Indonesia yang bisa dibanggakan di luar negeri,” kata J Flow penuh bangga.
Jangan kaget kalau melihat penampilan J Flow di panggung. Dia tidak lagi memakai kaus gombrong, celana big size, topi dimiringkan, pakai anting, dan kalung gede-gede. J Flow malah tampil rapi. Pakai kemeja, jas, dan dilengkapi dasi. Penampilan itu mengingatkan gaya Justin Timberlake yang belakangan ini rajin berbusana necis di setiap penampilannya di panggung. [Source: Media Indonesia]

Track:
01 – Hands Up
02 – Bidadari
03 – Heartbeat (Feat. Cindy Bernadette & Blaze)
04 – Aji Mumpung
05 – Kuada Bagimu
06 – Oh Girl
07 – Skit
08 – Mimpi
09 – Tawa Riang (Feat. Dea)
10 – All Nite Long (Feat. Ras Muhamad)
11 – Bounce
12 – Survive (Feat. Blaze, Radikal, Wizzow And Mistah)
13 – Bring It On
14 – A Tribute To Mama (Feat. Soul G)
15 – Skit
16 – Resah
Untuk Info lain Dan Download Album J Flow – Facing Your Giants, Klik Disini

14 Comments

  1. madzz said,

    tukeran link yukkk..salam kenal

  2. calysta said,

    Pertama kali gw denger lagu A Tribute to Mama di salah satu radio di jakarta gw langsung suka sama lagunya. Dan gw pikir ini adalah penyanyi dr Malaysia, krn intro awalnya mirip sama lagu Too Phat…Semoga musisi Indonesia bs nyiptain lagu2 bagus yg kya gini d. Liriknya pun menyentuh banget.
    I Luv This Song…

  3. Risa said,

    J flow baru aja dengar di radio di HARD rock, not bad kok

  4. chonQ said,

    hheeyyyooww…

    ni dy 1 lgi nyong ambon yg sukses dgn bwkan lagu hiphop…

    beatnya krasa bung…

    i luv ni album…

    maju truz hiphop indo…

    proud to be local…!!!!

  5. May said,

    Wah..gw juga baru denger lagunya ga lama,abs dkasi ama sodara gw yg knal ma Jflow…Barusan dgr lagunya yg a tribute for mama..ya ampun.nangis! Liriknya keren bgt!

  6. vie said,

    Wah suka bgt sama lagunya j flow, palagi yang kuada bagimu, sumpah keren bgt..

  7. dakinyaaa said,

    bisa giLa dengerin Lagunya Terus”an..

  8. j flow's freak said,

    lagunya keren2 banget.
    terutama lagu “tribute for mama” ma lagu “kuada bagimu”

    liriknya keren
    musiknya asik
    bikin nagih nagih

    hahaha

    proud to be local

    j flow’s freak right here…

  9. Qionk HehanusZa' said,

    bU J,,,,
    aLe Lagu taLalu saDis kApa….
    aDa reNcaNa reNcaNa maNggUng saLatiga???
    ditunggu pasTinya…
    aNak2 hIp-Hop indO aMboN kHusUsNya mNanti drimu dsaLatiga…

    keRen bNgt
    reZpecT…

  10. jflow said,

    Temans, terima kasih buat dukungannya ya, asli gue terharu…hmm, lagu kuada bagimu udah jd tuh klipnya dan udh gue posting di youtube.com/jflowrighthere. Drop yr comments there ya pls…lagu a tribute to mama apa gue jadiin nxt single aja ya? wuddayathink guys?

  11. rizky tetsuya said,

    keren banged lagunya j-flow… ku ada bagimu…

  12. Kamal said,

    gua salah satu fans j-flow. waktu gua denger lagu heartbeat feat. cindy ( kalo ga salah itu cewe lu ya? ) gua suka banget . hahaha. if you’ve adream man, you gotta keep it (Y) kata2 itu nyemangatin hidup gua bro. hidup j flow. kalo ada even2 kasih tau dong. i’ll be there. hehehe

  13. jflow said,

    Teman2, maaf nih lama bgt ga nongol2 :p
    Main2 ke blog gue yuk, di http://www.jflowrighthere.blogspot.com. Gue suka ngajak ngobrol bahas topik2 yg ringan2 aja disana plus ngasih link download gratis lagu2 gue..skalian add fb gue di jflow@ymail.com.
    Makasih bgt buat dukungannya ya..

  14. sarri ajjh said,

    ptama x gu dgr lagu ini dr tmend gu .
    dy dgrin dg sbuah HP terbaru’a ..
    gu lgsung kangen am mamah n berencana nyanyiin lagu ini buat mamah di ultah mama yg ke 36 .
    i love you very much mom .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: